Sebagian besar proses pengobatan dan proses menjaga kesehatan adalah sesuatu yang ilmiah. Penyembuhan yang berdasarkan keajaiban, sebenarnya hanya keterbatasan akal kita untuk memahami proses yang terjadi, bukan karena adanya mukjizat.
Kefir adalah substansi yang secara ilmiah merupakan pangan fungsional yang luar biasa. Manfaat Kefir dapat diterangkan secara ilmiah, walaupun banyak hal tentang kefir yang masih berada diluar jangkauan pengetahuan manusia. Namun bukti empiris dapat digunakan sebagai suatu pendekatan ilmiah yang sederhana. Seperti seorang anak yang menyalakan sebatang korek api dengan menggoreskan pada sisi kotaknya, ia tahu bahwa korek akan menyala, tanpa tahu bagaimana prosesnya. Anak ini akan takjub melihat nyala korek dan bisa menganggapnya sebagai keajaiban.
Kali ini kami menyunting tulisan-tulisan khusus mengenai beberapa penyakit seperti maag dan diabetes, yang merupakan penyakit dengan insidensi yang sangat menonjol di kota-kota besar, dan di tengah kehidupan yang penuh konflik ini. Bagaimana dengan masalah-masalah kesehatan lainnya? Silahkan simak.
Semoga bermanfaat
KABAR GEMBIRA BAGI ANDA Penderita Diabetes Sakit Jantung Kanker Kolesterol Tinggi Hipertensi Kegemukan Maag, Gangguan Pencernaan dan lain lain. Kini anda dapat menjalani hidup sama sehatnya dengan orang normal yang sehat.

Monday 2 August 2010

Kandungan Bakteri Asam Laktat Pada Kefir

Friday, 28 May 2010 10:52

Banyak orang bertanya pada saya, apa saja sih jenis bakteri-bakteri apa saja yang terdapat pada kefir?

Dari sekitar 50 an mikroba jumlah mikroba yang terkandung di kefir, secara umum kefir antara lain mengandung setidaknya 1 sampai 3 jenis bakteri asam laktat, yaitu :

1 1.Lactobacillus bulgaricus
2 2.Lactobacillus acidophilus
3 3.Streptococcus thermophilus
Nah berhubung ketiga jenis bakteri ini adalah yang paling umum ditemui, maka kefir yang kita minum akan memiliki beberapa kemungkinan kombinasi bakteri yaitu:

1 1.Mengandung L. bulgaricus (LB) saja
2 2.Mengandung L. acidophilus (LA) saja
3 3.Mengandung S. thermophilus (ST) saja
4 4.Kombinasi LB dan LA
5 5.Kombinasi LB dan ST
6 6.Kombinasi LA dan ST
7 7.Kombinasi LB, LA dan ST
Bisakah membedakan kandungan bakteri yang terdapat pada kefir hanya dengan mencicipinya saja? Itu hampir mustahil. Ketiga bakteri ini memiliki rasa asam dan karakteristik lain yang mirip satu sama lain.

Cara terbaik mengetahui jenis bakteri asam laktat yang terkandung di kefir adalah dengan uji mikrobiologi di laboratorium.

Salam,
Yudi.

No comments:

Post a Comment