Sebagian besar proses pengobatan dan proses menjaga kesehatan adalah sesuatu yang ilmiah. Penyembuhan yang berdasarkan keajaiban, sebenarnya hanya keterbatasan akal kita untuk memahami proses yang terjadi, bukan karena adanya mukjizat.
Kefir adalah substansi yang secara ilmiah merupakan pangan fungsional yang luar biasa. Manfaat Kefir dapat diterangkan secara ilmiah, walaupun banyak hal tentang kefir yang masih berada diluar jangkauan pengetahuan manusia. Namun bukti empiris dapat digunakan sebagai suatu pendekatan ilmiah yang sederhana. Seperti seorang anak yang menyalakan sebatang korek api dengan menggoreskan pada sisi kotaknya, ia tahu bahwa korek akan menyala, tanpa tahu bagaimana prosesnya. Anak ini akan takjub melihat nyala korek dan bisa menganggapnya sebagai keajaiban.
Kali ini kami menyunting tulisan-tulisan khusus mengenai beberapa penyakit seperti maag dan diabetes, yang merupakan penyakit dengan insidensi yang sangat menonjol di kota-kota besar, dan di tengah kehidupan yang penuh konflik ini. Bagaimana dengan masalah-masalah kesehatan lainnya? Silahkan simak.
Semoga bermanfaat
KABAR GEMBIRA BAGI ANDA Penderita Diabetes Sakit Jantung Kanker Kolesterol Tinggi Hipertensi Kegemukan Maag, Gangguan Pencernaan dan lain lain. Kini anda dapat menjalani hidup sama sehatnya dengan orang normal yang sehat.

Monday 2 August 2010

Dari mana bibit kefir berasal?

Sebelumnya timbul pertanyaan, kapan kultur kefir ini ada? Apakah dulu jaman purba sudah memakai kefir grain sebagai stater? Lantas bagaimana orang-orang yang hidup di teknologi yang masih terbelakan bisa membuat bibit kefir ? Apakah mereka membuat dari usus sapi yang diisi susu, atau memang di usus sapi tersebut sudah mengandung kefir grain? Pertanyaan semua tadi perlu dijawab dengan eksperimen-eksperimen mungkin bisa diperoleh jawabnya.

Bagaimana mikroba-mikroba kefir membangun rumahnya?

Penelitian para ahli sampai saat ini masih belum dapat memecahkan misteri terbentuknya bibit kefir ini, hanya kira-kira saja.

Susunan molekul rumah bibit kefir atau kefir grain atau bibit kefir itu sendiri


Eksperimen kami
Para mikroba kefir ini kami beri makanan yaitu berupa susu (tanpa terkontaminasi kimiawi, usahakan susu segar murni), maka bekerjalah mereka melakukan fermentasi. Dari proses ini dihasilkan kondisi cairan yang semakin asam, untuk mengatasi kemungkinan mereka mati karena keasaman yang semakin tinggi, kami menduga bahwa alam telah memberikan mereka insting untuk membentuk benteng pertahanan berupa selubung atau mantel berupa zat lipid dan zat kapur yang berasal dari susu itu sendiri, mikroba mana yang memulai membangun benteng ini, masih dalam penelitian kami (hebat ya, pura2 meneliti, maka mohon bantuan ilmuwan atau akademisi untuk membantu meneliti). Setelah benteng ini terbentuk, maka beramai-ramai para mikroba yang lain ikut bergabung didalamnya. Itulah yang membuat benteng yang semula kecil, semakin lama semakin besar, sehingga ukurannya bisa mencapai sebesar kedelai. Pada saat ukurannya sudah semakin besar ini, benteng ini bisa pecah atau membelah dua. Itulah sebabnya semakin lama, akan semakin bertambah banyak benteng-benteng ini terbentuk. Benteng inilah yang dikenal dengan bibit kefir, atau kefir grain. Kehebatannya, rumah kefir ini tahan dengan enzim-enzim di pencernaan (keasaman tinggi)

Bibit kefir punyanya Raja Kefir

Kesimpulan :

Bibit kefir dapat diperoleh dari kefir prima (betulkah?, mohon pencerahan para ahli), dengan cara ► setelah proses pembuatan kefir selama 48 jam, lanjutkan 2 - 3 hari lagi, setelah itu saring dengan ayakan tepung. Silahkan lihat, walau tidak banyak ada diantaranya bibit kefir.

Baca juga Cara Membuat Kefir 1000 Tahun Yang Lalu

4 comments:

  1. salam kenal,
    saya ada pertanyaan yang menggelitik setelah membaca artikel diatas,,,
    jika bibit kefir bisa tahan di keasaman tinggi (enzim pencernaan). Apakah jika bibitnya (kefir grains) ikut tertelan, akan bertambah banyak/ bertumbuh juga dalam perut kita/ pencernaan kita? jika demikian, apa tidak berbahaya bagi organ tubuh?
    terima kasih. mohon penjelasan ilmiahnya.

    ReplyDelete
  2. Ass. Wr Wb
    Selama ini saya mengkonsumsi kefir bening tetapi terakhir tgl 24 Jan 2012 saya tanya ke distributornya pabriknya bangkrut. Dimana saya bisa dapat kefir beningnya ? Gm cara membuatnya sendiri ?

    ReplyDelete
  3. Masih aktifkah skrg produksi susu kefirnya?

    ReplyDelete