Sebagian besar proses pengobatan dan proses menjaga kesehatan adalah sesuatu yang ilmiah. Penyembuhan yang berdasarkan keajaiban, sebenarnya hanya keterbatasan akal kita untuk memahami proses yang terjadi, bukan karena adanya mukjizat.
Kefir adalah substansi yang secara ilmiah merupakan pangan fungsional yang luar biasa. Manfaat Kefir dapat diterangkan secara ilmiah, walaupun banyak hal tentang kefir yang masih berada diluar jangkauan pengetahuan manusia. Namun bukti empiris dapat digunakan sebagai suatu pendekatan ilmiah yang sederhana. Seperti seorang anak yang menyalakan sebatang korek api dengan menggoreskan pada sisi kotaknya, ia tahu bahwa korek akan menyala, tanpa tahu bagaimana prosesnya. Anak ini akan takjub melihat nyala korek dan bisa menganggapnya sebagai keajaiban.
Kali ini kami menyunting tulisan-tulisan khusus mengenai beberapa penyakit seperti maag dan diabetes, yang merupakan penyakit dengan insidensi yang sangat menonjol di kota-kota besar, dan di tengah kehidupan yang penuh konflik ini. Bagaimana dengan masalah-masalah kesehatan lainnya? Silahkan simak.
Semoga bermanfaat
KABAR GEMBIRA BAGI ANDA Penderita Diabetes Sakit Jantung Kanker Kolesterol Tinggi Hipertensi Kegemukan Maag, Gangguan Pencernaan dan lain lain. Kini anda dapat menjalani hidup sama sehatnya dengan orang normal yang sehat.

Saturday, 25 February 2012

Cara membuat KEFIR Susu

Kalau anda merasa setiap kali membeli kefir itu mahal, kenapa tidak membuat sendiri? Ayolah kita coba, caranya tidaklah sulit. Beginilah caranya :
1
imagebam.com
Siapkan kefir grain atau biji kefir atau kefir prima sebagai starternya 
2
imagebam.com
Susu segar, kalau tidak ada susu segar pakailah susu bubuk bisa yang full cream atau yang skim. Sedu sesuai dengan takaran yang ada di petunjuknya. Kalau panas, tunggu dingin.
3
imagebam.com

Campurkan kefir grain, perbandingannya adalah :
  • 2-3 sendok makan penuh (30 - 50 gram) dengan 1 liter susu di atas.
  • Atau apabila menggunakan kefir prima sebagai stater nya maka perbandingannya kefir prima 100 ml campur dengan 800 ml susu segar , perbandingan kira-kira 1: 8 s/d 1 : 10
4
imagebam.com
Tuangkan susu kedalam toples yang berisi bibit kefir 
5
imagebam.com
Campurkan dan aduk rata. Tempatkan dalam toples tertutup, Hati-hati, karborasi selama proses pemeraman menimbulkan tekanan gas oleh karena itu usahakan masih ada celah untuk udara keluar. Bisa meledak atau memecahkan tempat inkubasi ini.
6
Jogja Kefir

Biarkan dalam ruangan yang bersih dan hangat selama 24 jam s/d 72 jam semakin lama semakin kecut dan semakin sempurna jadinya.


(Catatan : untuk masa inkubasi 24 jam rasa susunya masih terasa, terasa lebih lezat dan gurih, cocok untuk dibuat es mambo atau es krim)
7
imagebam.com
Setelah masa 24 s/d 72 jam tersebut, jadilah kefir kita ini dan siap di panen.


Sering seorang pemula kefir menanyakan, seperti apa kefir yang siap panen? Tandanya adalah beraroma segar seperti tape.


Bagaimana menyaringnya? Dan apa saja peralatannya? Apakah pakai saringan teh tersebut bisa digunakan? Bisa dilihat penjelasan lain dibawah ini 
8
imagebam.com
Hore, kefir kita sudah jadi dan siap di konsumsi. Disajikan dengan aneka juz buah, aneka rasa sirup, atau minum langsung tawar.
9kefirmaturing  in crock and in cup 
Coba dinegara asalnya, Kaukasia, mereka membuat kefir ternyata sederhana saja, di ember ...


Dan gambar sebelah kanan itu kefir yang karborasi, siap minum
10
goatskin bag
Orang Kaukasia, dengan Kefir nya


Catatan
 :

Sebagian penggemar Kefir yang membuat kefir sendiri, menggunakan susu segar murni yang tidak dimasak, sedangkan sebagian lainnya menggunakan bahan susu segar yang di pasteurisasikan ( di matikan mikroba-mikroba patogennya, di rebus temperatur 80 derajat Celcius 5 menit, atau mendidih langsung dimatikan), silahkan ANDA yang menentukan sendiri. Pertimbangan saya dalam melakukan pilihan tersebut lebih dikarenakan kepercayaan saya atas kualitas susu, contoh susu produksi Fakultas Peternakan UGM, yang higienis tidak perlu direbus. Bagaimana dengan susu-susu segar lainnya? Tidak yakin bigienis? Pasturisasi saja. Silahkan.

Lihat-lihat gambar-gambar di bawah ini, untuk menambah jelasnya bagaimana membuat kefir sendiri.


Peralatan untuk membuat KEFIR

Toples plastik atau beling/kaca, saringan plastik, sendok plastik atau solet plastik
Juga botol untuk menyimpannya
Kulkas atau refrigerator untuk menyimpannya dalam suhu 5
°C
Bibit Kefir
Bahan-bahan  :
Susu segar, Bibit Kefir (lihat gambar di atas)
Keterangan Tambahan :
  • Selama proses inkubasi, toples tutup dan letakkan di tempat yang bersih bebas dari sinar terang spt cahaya matahari.
  • Apabila susu segar murni tidak ada atau sulit diperoleh, dapat digantikan dengan susu cair kemasan, lihat kadaluarsanya, belilah yang kadaluarsa nya pendek misalnya 2 minggu, jangan beli yang kadaluarsannya lama lebih dari 6 bulan. Ingat ini, sebab yang lama kadaluarsanya diberikan tambahan pengawet makanan. Tidak bagus dan tidak sehat. Apabila susu cair kemasan sulit juga didapatkan, gunakan susu bubuk misalnya merk Dancow ambil yang full cream plain tanpa perasa.
  • Untuk susu kambing yang berkualitas bau dan rasanya lezat dan tidak prengus , serta sedikit manis.
Menyaring untuk pembuatan kefir dengan bibit kefir :  
Saringan plastik letakkan diatas toples plastik yang bersih, kemudian tuangkan hasil pemeraman di atas saringan tersebut, kemudian untuk membantu tersaringnya campuran larutan ini, gunakan sendok plastik untuk mengaduknya, hati-hati jangan sampai memencet hancur bibit nya. Saring terus sampai cream yang membungkus bibit kefir, stop sampai disini. Hasilnya siap dimasukkan dalam botol untuk disimpan dalam suhu 5  °C di kulkas, sedangkan bibit yang masih berlapis cream tadi siap untuk digunakan lagi sebagai biang untuk membuat kefir selanjutnya.
Siap konsumsi, dapat dilihat pada Takaran atau Dosis Konsumsi Kefir.
Menyimpan Kefir :Sudah jelas, di kulkas suhu 5  °C . Dan bibitnya pun apabila belum digunakan lagi, bisa disimpan dalam cara yang sama, masukkan dalam toples plastik kecil berikan sedikit susu untuk bekal makanan tidur nya si Bibit ini dalam suhu dingin.
Apabila masih belum jelas, silahkan 
kontak kami.

1 comment:

  1. apakah jika biji kefir ditumbuk, akan berpengaruh terhadap mikroba di dalamnya?
    terimakasih.

    ReplyDelete