Sebagian besar proses pengobatan dan proses menjaga kesehatan adalah sesuatu yang ilmiah. Penyembuhan yang berdasarkan keajaiban, sebenarnya hanya keterbatasan akal kita untuk memahami proses yang terjadi, bukan karena adanya mukjizat.
Kefir adalah substansi yang secara ilmiah merupakan pangan fungsional yang luar biasa. Manfaat Kefir dapat diterangkan secara ilmiah, walaupun banyak hal tentang kefir yang masih berada diluar jangkauan pengetahuan manusia. Namun bukti empiris dapat digunakan sebagai suatu pendekatan ilmiah yang sederhana. Seperti seorang anak yang menyalakan sebatang korek api dengan menggoreskan pada sisi kotaknya, ia tahu bahwa korek akan menyala, tanpa tahu bagaimana prosesnya. Anak ini akan takjub melihat nyala korek dan bisa menganggapnya sebagai keajaiban.
Kali ini kami menyunting tulisan-tulisan khusus mengenai beberapa penyakit seperti maag dan diabetes, yang merupakan penyakit dengan insidensi yang sangat menonjol di kota-kota besar, dan di tengah kehidupan yang penuh konflik ini. Bagaimana dengan masalah-masalah kesehatan lainnya? Silahkan simak.
Semoga bermanfaat
KABAR GEMBIRA BAGI ANDA Penderita Diabetes Sakit Jantung Kanker Kolesterol Tinggi Hipertensi Kegemukan Maag, Gangguan Pencernaan dan lain lain. Kini anda dapat menjalani hidup sama sehatnya dengan orang normal yang sehat.

Sunday 1 August 2010

Bifidobacterium, Probiotik Usus Besar

Bifidobacterium, bakteri probiotik yang satu ini cukup unik mengingat dia lebih betah 'bersarang' di usus besar, dan uniknya, dia termasuk golongan bakteri anaerob (yaitu justru tidak bisa hidup kalau ada oksigen) . Fungsinya selain menjaga usus besar dari serangan bakteri jahat juga dapat menjaga usus besar dari kanker usus besar dan rectum (colorectal cancer).

Beberapa spesies Bifidobacterium yang telah berhasil ditaksakan (diidentifikasi) adalah:

1.B. adolescentis 12.B. dentium 23.B. pullorum
2.B. angulatum 13.B. gallicum 24.B. ruminantium
3.B. animalis 14.B. gallinarum 25.B. saeculare
4.B. asteroides 15.B indicum 26.B. scardovii
5.B. bifidum 16.B. longum 27.B. simiae
6.B. boum 17.B. magnum 28.B. subtile
7.B. breve 18.B. merycicum 29.B. thermacidophilum
8.B. catenulatum 19.B. minimum 30.B. thermophilum
9.B. choerinum 20.B. pseudocatenulatum 31.B. urinalis
10.B. coryneforme 21.B. pseudolongum
11.B. cuniculi 22.B. psychraerophilum


Bifidobacterium sp. yang sedang menempel di dinding usus besar,
yang saya dapat di http://www.KPK.gov.pl

B. adolescentis
yang saya dapat dari http://microbewiki.kenyon.edu

Tidak semua Bifidobacterium ini ditemukan dalam usus besar manusia. Beberapa spesies ditemukan pada usus herbivora, serta pada mamalia lain. Biasanya spesies yang sangat terkenal adalah B. longum yang hampir selalu ada di usus besar bayi yang baru lahir. Lalu ada B. infantis yang juga hampir selalu ada pada setiap usus besar bayi yang baru lahir. Saya pernah melihat produk suplemen untuk bayi dan balita yang mengandung B. longum dijual di apotek. Fungsinya jelas, untuk memberikan sistem pencernaan yang sehat pada bayi dan balita dan bahkan anak.

Biasanya, semakin kita dewasa, bakteri ini akan semakin sedikit ada di usus besar kita. Hal ini bisa saja terjadi karena pencernaan orang dewasa telah banyak dilalui oleh diet atau makanan yang tidak sehat, dan membuat Bifidobacterium banyak yang mati. Karena itu, remaja dan orang dewasa membutuhkan bakteri probiotik dari luar tubuh untuk menjaga keseimbangan mikroflora di ususnya. Kini telah banyak terdapat minuman yang mengandung probiotik. Anda juga dapat membuatnya di rumah, dengan bibit kefir serbuk yang mengandung L. acidophilus yang bisa anda beli di situs ini, atau dengan mengkonsumsi kefir yang dapat anda beli di rajakefir.com.

Kemajuan teknologi telah membuat Bifidobacterium dapat dikultur di minuman untuk dijual di toko-toko maupun supermarket. Anda dapat melihat-lihat beberapa produk kefir di supermarket dan coba lihat kandungan bakterinya, apakah terdapat Bifidobacterium atau tidak. Biasanya, kefir yang mengandung Bifidobacterium harganya mahal, dan harus segera diminum setelah kemasannya dibuka.

Jadi, bagi anda yang sudah memasuki masa puber , rajin-rajinlah mengkonsumsi bakteri probiotik, agar usus kita selalu terjaga.

Salam,
Yudi

2 comments: